DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA

Oleh : | 01 November 2022 | Dibaca : 30 Pengunjung


DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA

Bapak Wakil Bupati Bangli, membuka secara Langsung Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang dipusatkan di Pramana Zahill Kintamani. Acara yang dihadiri oleh Segenap Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Se-Kabupaten Bangli ini akan digelar selama 3 hari dari tanggal 1 November hingga 3 November 2022.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli dalam laporan nya menyampaikan bahwasanya kegiatan Program Pengelolaan Desa Wisata merupakan salah satu Program Pemerintah dalam meningkatkan Kualitas, Kterampilan, dan Profesionalitas SDM khususnya dalam hal kegiatan Kepariwisataan terutama dalam Pengelolaan Desa Wisata di Kabupaten Bangli. 

Karena Desa Wisata merupakan aset Penting  dalam peningkatan Pariwisata Kabupaten Bangli terutama kegiatan pariwisata berbasis masyarakat, yang diharapkan menjadi penggerak pariwisata di Kabupaten Bangli. Sebagai narasumber dalam acara ini adalah Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Bali dan Ketua Desa Wisata Penglipuran. 

Bapak Wakil Bupati Bangli dalam sambutanya menyampaikan, diharapkan dari pelathan ii kita menadaptakn ilmu dari narasumber dalam pengembangan desa wisata yang selama ini dipelihara dan dibina dari narasumber. Ini merupakan momentun kebangkitan pariwisata di masa pandemi. Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwasanya Desa Wisata Undisan mendapatkan juara 3 kategori umum Desa Wisata Maju. Moment ini diharapkan menjadi motivasi kepada pengelola Desa Wisata ke 31 Desa Wisata yang ada di Bangli untuk semakin mengembangkan potensinya. Bapak Wakil Bupati mengajak segenap peserta untuk bangkit bersama, jengah bersama untuk membangun Bangli melalui potensi pariwisata. 

Beberapa isu mengenai Pariwisata seperti Pennganan Sampah yang saat ini menjadi isu Dunia, bagaimana isu sampah ini mempengaruhi keinginan Wisatawan untuk datang ke suatu Destinasi Pariwisata, Hal ini menjadi hal yang krusial dan harus menjadi atensi serta perhatian dan penanggulangan khusus dalam kegiatan kepariwisataan. Potensi yang ada di masing masing wilayah dikembamgkan dengan ciri khas masing masing sehingga terdapat banyak pilihan untuk menikmati keindahan suatu desa wisata sehingga dari potensi ini mampu mengembangkan serta meningkatkan daya potensi ekonomi desa tersebut. 

Kintamani saat ini sedang ditata dan sudah ditetapkan menjadi kawasan Wisata, Bapak Wakil Bupati berpesan agar dalam setiap kegiatan kepariwsatan selalu memperhatikan peraturan perundang undangan diharapkan setiap pelaku pariwisata baik itu pengusaha agar mengurus ijin usahanya. Berbagai Terobosan serta Inovasi sedang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli khususnya dalam hal penataan dan pengembangan kawasan wisata di Kabupaten Bangli. Sehingga diharapakan hal ini akan mejadi sinergi dengan pengelolaan kawasan Desa Wisata di Kabupaten Bangli. 

 


BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA

 

KEPALA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KAB. BANGLI

I Wayan Sugiarta,SIP.,M.Si.